Kamis, 03 Desember 2009

Tekuk Xerez, Barca jauhi Madrid


Zlatan Ibrahimovic

Barcelona semakin kokoh berdiri di puncak klasemen Liga Spanyol setelah berhasil menekuk Xeres 2-0. Thierry Henry dan Zlatan Ibrahimovic menjadi pendulang gol Blaugrana di laga itu.

Dengan tambahan tiga angka tersebut, Barca berhasil memperlebar jarak dengan Real Madrid yang berada di posisi dua menjadi lima poin.

Selisih tersebut bisa kembali memendek lantaran Carles Puyol cs melakoni satu pertandingan lebih banyak.

Sedangkan bagi Xeres, tanpa tambahan angka maka mereka masih berada di posisi buncit klasemen La Liga dengan tujuh poin, sama dengan Racing Santander dan Malaga yang urut di atasnya.

Dalam pertandingan yang digelar di Estadio Chapin, Rabu (2/12) atau Kamis dinihari WIB tersebut pelatih Barca, Pep Guardiola tidak memainkan bintangnya-bintangnya macam, Carles Puyol, Andres Iniesta, Zlatan Ibrahimovic dan Lionel Messi sejak awal.

Di trisula lini depan, Henry didampingi Pedro dan Bojan Krkic. Henry mampu membuktikan kemampuannya di saat bintang-bintang lainnya diistirahatkan melalui golnya di menit 46.

Jalannya pertandingan

Dalam laga ini Barcelona kembali menunjukkan dominasi permainan yang menjadi ciri khasnya setelah di akhir pekan lalu lebih banyak ditekan Real Madrid meski menang 1-0.

Memiliki 78 persen penguasaan bola di paruh awal babak pertama, Barca kesulitan mengubah dominasinya itu menjadi gol. Xeres yang bermain rapat cukup menyulitkan tim tamu.

Kerjasama Xavi dengan Dani Alves sebelum berbuah umpan matang kepada Thierry Henry yang gagal diselesaikan dengan tendangan kaki kirinya dari sudut sempit di menit 25 menjadi peluang pertama di laga itu.

Skor bertahan sampai babak kedua berakhir. Dan entah apa yang diinstrukskan secara khusus oleh pelatih Pep Guardiola kepada pemain-pemain Barca yang jelas berimbas secara langsung di lapangan.

Di satu menit usia babak kedua, tim tamu berhasil unggul melalui tandukan Henry. Pemain internasional Prancis ini mendapat umpan matang dari Maxwell dari sisi kiri penyerangan Barca.

Masuknya Messi dan Ibra membuat serangan Barca makin hidup. Nama terakhir mendapat peluang emas melalui tandukannya memanfaatkan umpan silang dari Xavi di menit 68, namun bola masih dapat digagalkan oleh kiper Xeres, Renan.

Lima menit kemudian, Ibra kembali mengancam gawang tuan rumah. Mantan pemain Inter Milan ini melepaskan bola hasil tendangan bebas yang melenceng tipis di atas pojok kanan gawang Renan.

Sedangkan Xeres mampu membuat ancaman ke gawang Barca melalui tendangan Mario Bermejo di menit 87 yang masih dapat diblok dengan baik oleh Victor Valdes.

Di saat-saat akhir menjelang bubaran, Ibra berhasil menggandakan keunggulan Barca melalui tendangan keras kaki kanan dari garis depan kotak penalti yang mengarah ke tengah gawang dan gagal dibandung Renan.

Susunan pemain

Xeres:
Renan, Oliva, Gioda, Casado, Francis, Bergantinos, Keita, Bermejo, Calvo (Antonito '57), Orellana, Sanchez (Amenteros '73)

Barca:
Valdes, Chirgrynski, Marquez, Maxwell, Alves, Toure, Keita, Xavi, Henry (Iniesta '83), Krkic (Ibrahimovic '66), Pedro (Messi '55).

sumber:sepakbola.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WatoBlog's