Sabtu, 12 Desember 2009

Ibra menangkan Barca dalam Derby Catalan

Zlatan Ibrahimovic

Gol tunggal dari striker Zlatan Ibrahimovic memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen La Liga dengan memukul Espanyol 1-0 dalam Derby Catalunya di Nou Camp, Sabtu (12/12).

Kemenangan membuat Barca memiliki nilai 39 di posisi teratas dan unggul delapan poin dari Real Madrid yang sedang bertanding melawan tim peringkat ketiga, Valencia, saat berita ini diturunkan.

Sedangkan Espanyol, yang kini tak pernah menang dalam lima partai liga beruntun, terancam kembali ke zona degradasi karena hanya unggul dua poin di urutan ke-14 apabila tim lain di bawahnya memetik kemenangan pada hari Minggu.

Namun tim asuhan Mauricio Pochettino memberi perlawanan sepadan atas rival sekotanya itu. Kendati permainan dikuasai penuh Barca, Espanyol masih bisa merepotkan pertahanan tuan rumah beberapa kali.

Di babak pertama tercatat peluang dari Verdu harus dimentahkan oleh kiper Victor Valdez. Sedangkan Barca, yang tampil tanpa Lionel Messi yang sedang dibekap cedera engkel, bermain dengan memanfaatkan lebar lapangan.

Namun pasukan Pep Guardiola baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-39 saat wasit memberi hadiah penalti setelah menilai terjadi pelanggaran terhadap Xavi Hernandez. Ibra mengeksekusi tembakan 12 pas dengan jitu ke arah kiri atas gawang Carlos Kameni.

Di awal babak kedua, Espanyol tampil menyerang dan membuat pertahanan Barca kerja keras. Pada menit ke-50, Alonso nyaris menyamakan kedudukan bila perebutan bola tidak dimenangi oleh Valdez.

Namun usaha Barca untuk mencetak gol tambahan di sisa waktu juga kerap gagal. Setelah tembakan voli Ibra melambung, giliran usaha Thierry Henry yang meneruskan bola silang Dani Alves masih bisa digagalkan oleh Sebastian Roncaglia.

Sementara dari Stadion La Romareda, Athletic Bilbao berhasil mempermalukan tuan rumah Real Zaragoza 2-1 untuk naik ke posisi tujuh dan mendekatkan diri empat poin dengan empat besar.

Setelah gol Carlos Gurpegui di babak pertama dianulir wasit karena terjadi offside lebih dulu, Bilbao baru bisa memecah kebuntuan di babak kedua.

Pemain belakang pinjaman dari Liverpool, Mikel San Jose, berhasil menanduk umpan silang Iker Muniain pada menit ke-59. Dan sembilan menit jelang bubaran, Marksel Susaeta memastikan keunggulan dua gol sebelum Carlos Diogo mencetak gol hiburan bagi Zaragoza di menit pamungkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WatoBlog's