Sabtu, 12 Desember 2009

Bari hajar Juve 3 - 1

Diego Ribas

Untuk kedua kalinya dalam beberapa hari, Juventus menuai kekalahan. Hari Sabtu (12/12), La Vecchia Signora dibekap tuan rumah Bari 1-3 dalam lanjutan Serie A.

Pada hari Selasa silam, Juve dipermalukan Bayern Muenchen 1-4 sekaligus tersingkir dari Liga Champions. Dua kekalahan beruntun itu juga diwarnai dengan buruknya pertahanan sehingga kebobolan tujuh gol dan hanya mampu mencetak dua gol.

Absennya bek tengah Giorgio Chiellini yang mengalami cedera melahirkan lubang yang mampu dimanfaatkan lawan. Kiper Gianluigi Buffon juga menjadi sorotan karena seharusnya sudah menjalani operasi lutut lebih cepat dari hari Minggu besok yang dijadwalkan.

Bari membuka keunggulan pada menit ketujuh lewat gol Riccardo Meggiorini setelah tembakan volinya membentur Nicola Legrottaglie sehingga mengecoh Buffon.

Striker David Trezeguet berhasil membalas pada menit ke-23 setelah menyambar bola rebound hasil tepisan kiper Jean Francois Gillet.

Namun kiper asal Prancis itu pula yang menyebabkan Juve kerap gagal menambah gol. Sebaliknya menjelang turun minum, Bari kembali unggul lewat tendangan penalti Paulo Vito Barreto setelah Fabio Cannavaro dianggap melakukan pelanggaran di daerah terlarang.

Juve berusaha mengejar di babak kedua dengan serangkaian peluang emas. Namun buruknya penyelesaian akhir dari Trezeguet, Tiago Mendes dan Amauri membuat gol selalu gagal tercipta.

Bahkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Sergio Almiron, eks pemain Juve, terhadap Fabio Grosso juga gagal menjadi gol. Eksekusi Diego justru melambung jauh dari gawang Gillet.

Bari, yang sebenarnya bisa unggul lebih besar jika lebih tenang, akhirnya menutup laga dengan skor 3-1 setelah Almiron memperdaya Buffon lewat tembakan keras diagonal pada menit ke-81.

Kemenangan bagi Bari mengangkatnya ke posisi lima dengan nilai 24. Namun posisi tim asuhan Giampiero Ventura ini masih bisa berubah saat empat tim lain di bawahnya yang punya nilai sama akan bermain pada hari Minggu. Sedangkan Juve tertahan di posisi ketiga dan tertinggal lima poin dari Inter Milan yang berada di puncak klasemen.

Sementara dari Sant'Elia dari laga beberapa jam sebelumnya, Napoli dipaksa bermain 3-3 oleh tuan rumah Cagliari meski sudah sempat unggul dua gol.

Striker asal Argentina, Ezequiel Lavezzi, dan Michele Pazienze membawa Napoli memimpin 2-0 hingga menit ke-65. Namun hanya dalam waktu kurang dari 15 menit terakhir, Cagliari bisa berbalik unggul 3-2.

Tiga gol dicetak Joaquin Larrivey, Alessandro Matri dan penyerang asal Brasil, Jeda, yang baru pulih dari cedera.

Usaha Napoli untuk mengejar ketinggalan di waktu tersisa sempat terganggu oleh diusirnya Lavezzi di akhir laga akibat dua kartu kuning. Beruntung ada sosok Mariano Bogliacino yang mencetak gol penyeimbang 3-3.
Susunan Pemain:

Bari: Gillet; A Masiello, Diamoutene, Bonucci, Stellini; Alvarez, Donati, Almiron, Rivas (Kamata 62); Meggiorini (Gazzi 70), Barreto (Greco 61)

Juventus: Buffon; Caceres, Legrottaglie, Cannavaro, Molinaro (Grosso 65); Tiago (Camoranesi 74) (Giovinco 85), Poulsen, Marchisio; Diego; Trezeguet, Amauri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WatoBlog's