Sabtu, 05 Desember 2009

Arsenal libas Stoke 2 - 0

Andrei Arshavin

Setelah kalah dengan skor telak di dua laga terakhir di semua kompetisi, Arsenal kembali dengan kemenangan. Menjamu Stoke City dalam lanjutan Liga Inggris, The Gunners menang 2-0.

Hasil ini menjadi obat dari kekecewaan pendukung Arsenal yang mendapati tim kesayangannya menelan kekalahan telak di dua laga terakhir di semua kompetisi.

Setelah dipencundangi Chelsea 3-0, tim asuhan Arsene Wenger ini menyerah dengan skor yang sama saat melawat ke Manchester City di ajang Piala Carling di tengah pekan lalu.

Tambahan tiga angka ini membuat Arsenal naik ke posisi tiga dengan nilai 28. Namun posisi mereka masih rawan tergeser lantaran Tottenham Hotspur yang mengemas 26 angka baru akan melakoni laga melawan Everton pada Minggu malam.

Sementara bagi Stoke, tanpa tambahan angka membuat mereka melorot ke posisi 10 dengan nilai 20. Peringkat mereka juga bisa tergusur Fulham yang baru akan berlaga pada hari minggu.

Dalam laga yang digelar di Emirates Stadium, Sabtu (5/12/2009) malam waktu setempat tersebut dua gol Arsenal dicetak oleh Andrei Arshavin dan Aaron Ramsey.

Jalannya pertandingan

Cederanya Robin van Persie dan belum bugarnya Eduardo memaksa Arsene Wenger meracik formasi dengan tanpa menyertakan satu pun pemain yang berposisi asli sebagai penyerang. Di lini depan, pelatih asal Prancil ini menempatkan Arshavin, Emmanuel Eboue dan Samir Nasri.

Andrei Arshavin mendapat peluang matang di menit tiga setelah mendapat umpan terobosan terukur dari Cesc Fabregas. Namun tendangan kaki kanan dari pemain asal Rusia ini masih dapat diamankan oleh Thomas Sorensen.

Arsenal kembali kesempatan emas di menit 20. Berawal dari pelanggaran Rory Delap kepada Arshavin, wasit menghukum Stoke dengan tendangan penalti.

Fabregas maju ke depan sebagai algojo. Namun sayang tendangan pemain internasional Spanyol itu dapat diblok oleh Sorensen.

Akan tetapi kiper tim tamu tersebut tidak mendapatkan peruntungan yang sama enam menit kemudian. Berdiri di sisi kiri gawang Stoke, Arshavin yang menerima umpan Fabregas berhasil membuka keunggulan Arsenal melalui tendangan yang diarahkan ke tiang jauh.

Satu menit kemudian Fabregas melepaskan tendangan ke gawang Stoke yang sudah kosong, namun Emmanuel Eboue malah mengahalangi laju bola dan tanpa sengaja menggagalkan peluang yang seharusnya menjadi gol tersebut.

Di injury time babak pertama, pemain-pemain Arsenal mendatangi wasit Mark Clattenburg dan meminta tendangan penalti karena menganggap tangan Danny Collins terkena bola hasil tendangan Samir Nasri. Namun Clattenburg tak mengindahkan hal tersebut.

Umpan terobosan terukur dari Thomas Vermaelen di menit 57 berhasil diterima dengan baik oleh Arshavin, namun tendangannya masih bisa diblok sorensen.

Stoke hampir dapat menyamakan angka saat bola yang ditahan William Gallas mampir ke Sanliy Tuncay. Namun tuan rumah cukup beruntung karena Armand Taore berhasil dengan sigap membuang bola tersebut.

Arshavin yang dimainkan sebagai penyerang tengah lagi-lagi mendapat peluang hasil kejelian Fabegas dalam membaca celah. Namun sepakannya berhasil dihalau Abdulaye Faye dengan aski menjatuhkan diri.

Masuknya Aaron Ramsey di babak kedua menjadi berkah tersendiri bagi Arsenal. Dia berhasil menggandakan tuan rumah lewat tendangan kaki kanan dari depan kotak penalti Stoke yang diarahkan ke pojok kanan bawah gawang Sorensen.

Susunan pemain

Arsenal: Almunia, Sagna, Gallas, Vermaelen, Traore (Silvestre '88), Eboue (Ramsey '54), Fabregas, Denilson, Nasri, Rosicky (vela 45), Arshavin.

Stoke: Sorensen, Wilkinson, Huth, Abdoulaye Faye, Collins, Lawrence (Fuller '75), Delap (Whelan '81), Diao, Etherington, Sanli, Sidibe (Beattie '63)

sepakbola.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WatoBlog's